Kamis, 24 Maret 2011

7 Dari Keindahan Pulau BALI

Gunung dan Danau batur
Gunung Batur merupakan sebuah gunung berapi aktif di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, Indonesia. Terletak di barat laut Gunung Agung, gunung ini memiliki kaldera berukuran 13,8 x 10 km dan merupakan salah satu yang terbesar dan terindah di dunia (van Bemmelen, 1949). Pematang kaldera tingginya berkisar antara 1267 m - 2152 m (puncak G. Abang). Di dalam kaldera I terbentuk kaldera II yang berbentuk melingkar dengan garis tengah lebih kurang 7 km. Dasar kaldera II terletak antara 120 - 300 m lebih rendah dari Undak Kintamani (dasar Kaldera I). Di dalam kaldera tersebut terdapat danau yang berbentuk bulan sabit yang menempati bagian tenggara yang panjangnya sekitar 7,5 km, lebar maksimum 2,5 km, kelilingnya sekitar 22 km dan luasnya sekitar 16 km2 yang yang dinamakan Danau Batur yang merupakan Danau terbesar di Bali. Kaldera Gunung Batur diperkirakan terbentuk akibat dua letusan besar, 29.300 dan 20.150 tahun yang lalu [1].

Gunung Batur terdiri dari tiga kerucut gunung api dengan masing-masing kawahnya, Batur I, Batur II dan Batur III.



Default Terumbu karang Pantai Tulamben

Area Tulamben desa Kubu, adalah Tempat yang sangat menarik di Pulau Bali, terutama bagi mereka yang mencintai olahraga selam. Secara geografis administratif, Tulamben terletak di kabupaten Karang Asem, dan berjarak sekitar 100 km dari kota Denpasar yang biasa ditempuh dalam waktu 3 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda 4.

Di Tulamben sendiri, Diving site yang sangat terkenal adalah Bangkai Kapal Cargo atau Shipwreck USS Liberty yang tenggelam 30 meter saja dari bibir pantai berbatu desa Tulamben. Kedalaman bangkai kapal (Ship Wreck) ini dimulai dari kedalaman 5 - 35 meter.

Bangkai kapal ini dihuni oleh ribuan jenis satwa laut dari ikan, udang, siput laut (nudibranch), kepiting, dan beraneka ragam coral. Bahkan beberapa hewan besar seperti Hiu, Whale Shark, dan Sunfish / Mola mola kerap dijumpai di daerah ini. Hal ini sangat disukai oleh fotografer bawah air dari mancanegara. Mau motret wide angle atau macro, semuanya tersedia di Tulamben.

Selain shipwreck liberty, berjalan ke arah timur sejauh 100m sudah dapat ditemukan dive site Drop off yang memiliki kontur jurang bawah air (wall) dengan vizibility yang cukup baik.

Bila pasir di Tulamben bay ini berwarna hitam berbatu, namun uniknya hanya terpaut 150 meter ke sebelah timur dari drop off sudah dijumpai dive site dengan pasir berwarna putih. Site ini antara lain allamanda dan batu kelebit. Untuk menyelam diareal ini biasanya kita menggunakan perahu tradisional bali yang sering disebut "JUKUNG".


Reply With Quote



Default Gunung Agung

Gunung Agung adalah gunung tertinggi di pulau Bali dengan ketinggian 3.142 mdpl. Gunung ini terletak di kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem - Bali.

Gunung Agung adalah gunung berapi tipe [[stratovolcano]], gunung ini memiliki kawah yang sangat besar dan sangat dalam yang terkadang mengeluarkan asap dan uap air. Dari Pura Besakih gunung ini nampak dengan kerucut runcing sempurna, tetapi sebenarnya puncak gunung ini memanjang dan berakhir pada kawah yang melingkar dan lebar.

Dari puncak gunung Agung kita dapat melihat puncak Gunung Rinjani yang berada di pulau Lombok, meskipun kedua gunung tertutup awan karena kedua puncak gunung tersebut berada di atas awan.

Masyarakat Hindu Bali percaya bahwa Gunung Agung adalah tempat bersemayamnya dewa-dewa, dan juga masyarakat mempercayai bahwa digunung ini terdapat istana dewata. Oleh karena itu, masyarakat bali menjadikan tempat ini sebagai tempat kramat yang disucikan.




Default Air Terjun Gitgit

Air Terjun ini merupakan air terjun terbesar dan tertinggi di Bali, terletak di Desa Gitgit Kecamatan Sukasada. Dari Kota Singaraja berjarak 11 km ke arah selatan menuju Desa Pancasari dan Bedugul. Air terjun yang berketinggian ± 35 meter ini sangat asri dan memiliki panorama yang indah dan berada di lingkungan yang berhawa sejuk.Turun dengan jalan kaki setelah melewati tempat Parkir Gitgit, beberapa pemuda lokal yang diorganisir oleh desa adat setempat menawarkan jasa mengantar para wisatawan menuju wisata air terjun yang indah ini. Disamping suara deburan air terjun dan kicauan burung, hamparan sawah, perkebunan cengkeh dan kopi / begitu pula tumbuhan bambu sepanjang jalan menuju air terjun menyuguhkan suasana damai dan alami.






Default Taman Nasional bali Barat

Taman Nasional Bali Barat terletak di bagian barat dari pulau Bali di Indonesia. Taman nasional ini mempunyai luas 77,000 hektar, yang kira-kira meliputi 10% dari luas daratan pulau Bali.

Taman Nasional Bali Barat terdiri dari berbagai habitat hutan dan savanah. Di tengah-tengah taman ini didominasi oleh sisa-sisa empat gunung berapi dari jaman Pleistocene, dengan gunung Patas sebagai titik tertinggi di tempat ini.

Sekitar 160 spesies hewan dan tumbuhan dilindungi di taman nasional ini. Hewan-hewan seperti Banteng, Rusa, lutung, kalong dan aneka burung. Taman Nasional Bali Barat merupakan tempat terakhir untuk menemukan satu-satunya endemik Bali yang hampir punah, Jalak Bali di habitat aslinya.
(toede bona)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar