Kamis, 24 Maret 2011

Besakih Pura Indah Di Kaki Gunung Agung

Besakih Pura Indah Di Kaki Gunung Agung

Banyak keunikan dan keindahan di Pulau Bali atau yang memiliki nama lain Pulau Dewata, kepercayaan hindu yang kuat menjadikan Pulau ini penuh bangunan Pura-pura yang indah dengan keunikan dan eksotisme yang berbeda-beda. Salah satunya adalah Pura Besakih yang memiliki keindahan dan arsitektur yang tinggi dengan latar pemandangan yang luar biasa.

Pura Besakih desa Besakih Kecamatan Rendang Kabupaten Karangasem, Bali tepatnya di kaki Gunung Agung. Merupakan Pura yang besar dan di keramatkan oleh umat Hindu yag termasuk dalam Sad Kahyangan atau Sad Kahyangan Jagad, adalah enam pura utama yang menurut kepercayaan masyarakat Bali merupakan sendi-sendi pulau Bali.

Pura Besakih terdiri dari 18 Pura dan 1 Pura Utama yang merupakan pusat kegiatan dari seluruh Pura yang ada di Bali. Di antara semua pura-pura yang termasuk dalam kompleks Pura Besakih, Pura Penataran Agung adalah pura yang terbesar, terbanyak bangunan-bangunan pelinggihnya, terbanyak jenis upakaranya dan merupakan pusat dan semua pura yang ada di Besakih.
Di Pura Penataran Agung terdapat 3 arca utama Tri Murti Brahma, Wisnu dan Siwa yang merupakan perlambang Dewa Pencipta, Dewa Pemelihara dan Dewa Pelebur

Yang membuat menarik Pura Besakih selain arsitektur dan pemandangan alamnya yang indah adalah mitos yang ada. Konon pada hari raya Agung orang tidak diperkenankan melakukan pendakian ke Gunung Agung, bila masih Melakukannya juga biasanya Orang tersebut akan Hilang, benar atau tidaknya mitos tersebut banyak pendaki yang memang hilang (atau turun dari sisi gunung yang berbeda) biasanya wisatawan asing. Toh sebaga pendaki yang baik gak ada salahnya khan menghargai kepercayaan setempat.

Jadi bila anda kebetulan berkunjung ke Bali tidak ada salahnya coba mengunjungi Pura Besakih ini, karena disamping indah pemandangannya anda bisa mengagumi arsitekturnya yang memiliki nilai seni yang tinggi. (Toede Bona)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar